Senin, 14 Oktober 2013

Proposal Bantuan TIK

Tidak ada komentar:


A.   PENDAHULUAN
Pemerintah Negara Republik Indonesia sejak masa orde baru sampai menjelang pada era panca reformasi, telah melakukan upaya semaksimal mungkin untuk menggalakkan pelaksanaan pembangunan sector kehidupan berbangsa dan bernegara, dan khususnya pembangunan sector pendidikan sebagai manifestasi dari amanat yang tertuang dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Tahun 1945 bahwa Pemerintah Negara Indonesia berupaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
Untuk menyiapkan sumber daya yang berkualitas yang handal khusunya pada bidang Teknologi Informasi dan Komputer, merupakan salah satu yang sangat penting dan perlu diketahui dan dikembangkan, karena setiap instansi dan perkantoran memiliki PC (Personal Computer) sebagai alat teknologi pengolahan dan pengiriman informasi. Namun, hal dan fenomena permasalahanya ialah “mampukah dia mengoprasikannya?”, Apalagi daerah Propinsi Sulawesi Barat kebanyakan wilayah yang merupakan wilayah daerah perkotaan dan perkantoran, yang tidak lepas dari hubungan alat teknologi computer, sehingga hak dan hidup masyarakat maupun pemuda saat ini kadang tidak terlayani dan perlahan-lahan lahirnya pemuda dan masyarakat pengangguran.
Maka dengan itu, SMP Negeri 6 Campalagian mencoba menangkap Fenomena tersebut dengan memberikan pendampingan agar lulusan siswa SMP Negeri 6 Campalagian merupakan siswa yang tidak tertinggal dengan yang namanya computer dan pengoprasian computer.
Upaya dalam hal ini, SMP Negeri 6 Campalagian masih sangat kurang fasilitas dan sarana pembelajaran khususnya dalam pembelajaran Teknik Informasi dan Komputer (TIKOM), yang selama ini hanya mengajarkan materi namun praktek yang sangat kurang, padahal semestinya pembelajaran TIKOM Praktek suatu hal yang sangat penting agar siswa dalam belajar tidak hanya membayangkan. Untuk itu SMP Negeri 6 Campalagian, mengajukan Proposal Bantuan Pengadaan Komputer kepada pihak yang berwenang untuk adanya kerja sama dalam meningkat pendidikan khusunya dalam bidang Teknologi Informasi dan Komputer.
B.   DASAR PENGADAAN KOMPUTER
Dasar pengadaan Komputer mengacu pada :
1.    Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang system pendidikan Nasional;
2.    PP no. 73 Tahun 1991 Tentang Rencana Kerja Pemerintah;
3.    Program Pemerintah Mencerdaskan Kehidupan Bangsa
C.   TUJUAN PENGADAAN LAB KOMPUTER
1.    Tujuan Umum
Tujuan dari pengadaan Komputer ini ialah agar Sekolah SMP Negeri 6 Campalagian dapat meningkatkan dan menambah pengetahuan Guru, Siswa serta seluruh staf tentang bagaimana penggunaan dan pemanfaatan alat Teknologi berupa PC Komputer saat ini, dan sebagai media dalam pembelajaran, serta pengolahan data, sehingga pada akhirnya melahirkan siswa yang handal dengan bakat mempu mengenal, mengoprasikan computer.

2.    Tujuan Khusus
Setiap peserta didik nantinya diharapkan dapat:
a.    Memiliki kemampuan dan keterampilan dalam bidang Teknologi Informasi dan Komputer.
b.    Memiliki kemandirian dan tidak terpaku pada satu bidang tertentu memenuhi kebutuhan hidupnya.
c.    Mampu bersaing dengan sekolah-sekolah yang bertaraf nasional maupun internasional.
D.   RENCANA PENGGUNAAN ANGGARAN
Adapun Rencana penggunaan anggaran dalam Pengadaan Komputer SMP Negeri 6 Campalagian. (terlampir)
E.   PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat, untuk diajukan sebagai prasyarat kegiatan Pemberdayaan Ilmu Pengetahuan  dan teknologi di bidang Komputerisasi dan informasi, sekaligus sebagai bahan acuan dalam pelaksanaanya.
Melalui pengadaan Tersebut menumbuhkan minat dan keterampilan peserta didik dalam bidang Komputer dan pengolahan informasi agar mampu bersaing menghadapi era globalisasi sekaligus mengsukseskan program pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan Negara.
Akhir kata, semoga Bapak/Ibu pengambil kebijakan dapat memberikan perhatian untuk persetujuan dalam pelaksanaanya, atas bantuan dan kerjasamanya tak lupa kami haturkan banyak terima kasih.

Campalagian, 23 September 2013

Komite                                                                           Kepala Sekolah,
SMPN 6 Campalagian                                               SMPN. 6 Campalagian
                                                                                   





Rahman Samad                                                         Drs. Haruna., M.Pd
                                                                                        Pangkat : Pembina IV.a
    NIP. 19631231 199103 1 194





Mengetahui,
Ka. DISDIKPORA Kab. Polewali Mandar,




Drs. Arifuddin, M.Pd
Pangkat: Pembina Utama Madya
NIP. 196212311989031296


 
 






















Lampiran I

RENCARA PENGGUNAAN ANGGARAN PENGADAAN KOMPUTER
SMP NEGERI 6 CAMPALAGIAN
                                                         TAHUN 2013                      

 Campalagian, 23 September 2013
Kepala Sekolah                               SMP Negeri 6 Campalagian           




Drs. Haruna., M.Si
NIP. 196110281987031019                                  


KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya sehingga kita masih bisa beraktivitas sepertia sedia kala. Salam Tazlim tercurah kepada Junjungan Nabiullah Muhammad SAW Nabi Suri Tauladan bagi seluruh ummatnya.
Sebagai salah satu wujud nyata pembangunan di sektor pendidikan khususnya di bidang Teknologi informasi dan Komputer (TIKOM), yaitu usaha untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang handal dan matang. Sebab pemerintah menyadari dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara karena merupakan salah satu tolak ukur dalam mengetahui tinggi rendahnya kualitas masyarakat sebuah Negara.
i
 
SMP Negeri 6 Campalagian merupakan sekolah yang tergolong masih sekolah baru sehingga fasilitas belajar mengajar masih sangat kurang, sedangkan kita ketahui efektivitas dan berhasilnya suatu sekolah untuk meningkatkan kualitas anak didik bukan hanya di dukung tenaga pendidik yang handal dan professional namun sarana dan fasilitas belajar juga sangat penting. Keberadaan sekolah SMP Negeri 6 Campalagian, merupakan suatu kebanggan terhadap masyarakat umum Polewali Mandar, khusunya masyarakat Kecamatan Campalagian, dimana membina generasi pelanjut Pemuda Indonesia, ingin membangun daerah dengan program pendidikan  khususnya dibidang teknologi informasi dan computer, memberikan wahana kepada siswa bagaimana pengoprasian alat Teknologi sebagai sarana informasi dan pengolahan data saat ini sudah tidak menjadi asing lagi, karena selama ini siswa di SMP Negeri 6 Campalagian hanya dapat menghayalkan bagaimana sebenarnya yang dikatakan komputer dan aplikasi aplikasi yang sebenarnya.
Maka dari itu, SMP Negeri 6 Campalagian yang tak lepas dari kekhilapan dan kekurangan, baik secara materil maupun non materil khususnya fasiltas belajar, mengajukan proposal Pengadaan Komputer, mengharapkan bantuan dari pihak yang terkait/bersangkutan demi pengembangan dan kelancaran proses pembelajaran yang dimaksud.
Kepada seluruh pihak yang turut memberikan sumbangsinya saran dan pemikiran, tak lupa kami haturkan banyak terima kasih yang tak terhingga, besar harapa kami kiranya yang kami ajukan ini mendapat persetujuan dan respon positif dari pengambil kebijakan untuk terealisasinya permohonan/proposal ini.
Campalagia, 23 September 2013
Kepala Sekolah

Drs. Haruna, M.Si
Pangkat/Gol: Pembina IV.a
NIP. 19631231 199103 1 194




                                                                                                                 


ii
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banyak Dibaca

Desain Oleh :